DbClix

Rabu, 18 Februari 2009

50% Karyawan kantoran mengalami SBS

HASIL penelitian menunjukkan 50% orang yang bekerja di dalam gedung perkantoran di wilayah DKI mengalami permasalahan kesehatan sick building syndrome (SBS).

Budi Haryanto dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) memaparkan hasil penelitian tentang Pengaruh suplementasi antioksidan terhadap SBS yang dilakukannnya selama enam bulan (Juli-Desember 2008) terhadap 350 orang karyawan dari 18 perusahaan di wilayah DKI.

Dia menjelaskan SBS adalah situasi dimana penghuni gedung mengeluhkan permasalahan kesehatan dan kenyaman yang akut yang timbul berkaitan dengan waktu yang dihabiskan dalam suatu bangunan, namun gejalanya tidak spesifik dan penyebabnya tidak dapat diidentifikasikan. Selain itu juga berhubungan dengan kualitas udara dalam lingkungan.

"Hasil tersebut menunjukan frekuensi kejadian dari berbagai gangguan atau keluhan SBS yang terjadi pada para karyawan perusahaan di DKI dapat diturunkan secara bermakna setelah mengkonsumsi suplemen antioksidan (Reoxon Fortimun) setiap hari selama tiga bulan," kata Budi.

Menurut dia, penurunan kesehatan di dalam ruangan bersumber dari udara di dalam ruangan yang tercemar radikal bebas (bahan kimia) yang berasal dari dalam maupun luar ruangan. Polutan yang bisa mencemari ruangan dapat berupa asap rokok, ozone yang berasal dari mesin fotocopy dan printer, volatile organigs compounds berasal dari karpet, dan perabot.

Keluhan utama yang ditimbulkan dari pencemaran udara dalam ruangan itu, katanya, bisa berupa iritasi (mata berair, bersin, hidung tersumbat, gatal tenggorokan), sesak nafas, sakit kepala, kelelahan, gejala seperti flu dan bronkitis.

Keluhan yang paling sering dialami adalah sakit kepala, iritasi mata, badan cepat letih, perut terasa kembung, hidung berair, tenggorokan gatal, kesulitan dalam berkonsentrasi, kulit terasa kering serta batuk kering. (yz/tw-Bisnis Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Zonaclix - A Place to Earn online!